SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA
SALAM - SALAM
ON TWITTER


FACEBOOK

FASILITAS
Lab. Otomotif
Lab. Tata Busana
Lab. Elektronika
Lab. Tata Boga
Lab. Komputer
27 Apr 2014

Lab. Otomotif

27 Apr 2014

Lab. Tata Busana

27 Apr 2014

Lab. Elektronika

27 Apr 2014

Lab. Tata Boga

27 Apr 2014

Lab. Komputer

JUMLAH PENGUNJUNG
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday216
mod_vvisit_counterYesterday417
mod_vvisit_counterThis week216
mod_vvisit_counterLast week17925
mod_vvisit_counterThis month18141
mod_vvisit_counterLast month0
mod_vvisit_counterAll days18141

We have: 8 guests online
Your IP: 54.80.127.111
 , 
Today: Des 21, 2014

Pesantren Merupakan Wadah Pencetak Karakter Bangsa

 

Apabila kita berbicara tentang pesantren, maka banyak hikmah yang terkandung didalam kehidupan pesantren yang tak terhingga jumlahnya, seperti banyaknya air di samudra yang tidak bisa kita hitung. Selain di pesantren untuk menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya baik agama maupun umum, didalam pesantren kita juga bisa membentuk karakter-karakter mulia. Misalnya Ustadz Jefri Al Bukhori yang semula dia preman suka minum minuman keras dan karakternya yang beringas, setelah dididik di pesantren menjadi seorang da’i yang mengajarkan ilmu agama secara santun dan anggun.

Seperti halnya Raden Syahid (Sunan Kalijaga) yang semula ia seorang perampok. Pada suatu hari ternyata yang menjadi korbannya adalah Sunan Bonang, akhirnya Sunan Kalijaga berguru kepada Sunan Bonang dan mondok di pesantrennya sehingga dia bisa menjadi seorang wali dari salah satu Walisongo yang mempunyai karakter mulia.

Di pesantren kita bisa mempelajari ilmu-ilmu atau kitab-kitab yang bisa membentuk karakter manusia seperti kitab ‘Akhlaqul Banin’ yang berisi tentang bagaimana cara untuk menjadi murid yang mempunyai akhlaqul karimah terhadap guru dan mengajarkan kedisiplinan dalam belajar. Demikian halnya dengan kitab ‘Ta’lim Muta’alim’ yang membahas tentang akhlaqnya murid kepada guru dan ilmu pelajaran serta membahas bagaimana caranya untuk mencari ilmu yang manfaat. Dan masih banyak lagi kitab-kitab yang bisa menumbuhkan sikap karakter dalam tubuh manusia yang di pelajari di pondok pesantren.

Apabila ada seseorang yang pandai tetapi tidak diimbangi dengan karakter yang baik maka orang itu pasti tersesat. Karena kemampuan otak yang baik harus seimbang dengan mulianya hati yang tercermin dalam setiap perilakunya.

Pondok pesantren modern masa kini telah mendirikan sekolah dari tingkatan SD, SMP, dan SMA/SMK supaya para santri memiliki kecerdasan dalam bidang ilmu pengetahuan bukan hanya perilaku mulia. Sebab zaman sekarang teknologi telah mengalami kemajuan yang pesat, maka dari itu peran pondok pesantren adalah untuk menciptakan generasi yang mempunyai akhlaq mulia dan berilmu pengetahuan tinggi.

Artikel oleh: Nizar Arif

 

 

 

Update Terakhir (Senin, 27 October 2014 03:46)

 

INFO TERBARU

BERITA POPULAR

GALERI BERITA