SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA
SALAM - SALAM
ON TWITTER


HOT NEWS

Pendaftaran Santri Baru

Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Waktu dan Tempat Pendaftaran

01 Juni s/d 16 Agustus 2014

Di Kantor Pusat

Ponpes Roudlotul Mubtadiin Balekambang

Gemiring Lor Nalumsari Jepara

Selengkapnya

FACEBOOK

Selayang Pandang Madrasah Tsanawiyah Pesantren Baru Roudlotul Mubtadiin

Seiring perkembangan zaman, tekonologi sekarang pun semakin maju, yang dulunya masyarakat masih menggunakan peralatan tradisional sekarang sudah memanfaatkan peralatan elektronik (modern).

Begitu juga dengan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin. Pondok pesantren yang berada di Balekambang Nalumsari Jepara ini yang dulunya hanya mengelola Madrasah Salafiyah, sekarang telah mengelola program pendidikan formal dan non formal. Program pendidikan formalnya adalah: Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program pendidikan non formalnya adalah Madrasah Salafiyah dan Tahfidz Al Qur’an. Kali ini kami akan mengupas tentang Madrasah Tsanawiyah Pesantren Baru Roudlotul Mubtadiin (MTs PB Balekambang).

MTs ini berdiri pada tahun 2007 dibangun diatas lahan seluas 50.000 m2. Pada saat tahun ajaran pertama 2007/2008 MTs ini memiliki santri sebanyak 68 anak. Bertambahnya tahun, jumlah santri yang belajar juga ikut bertambah. Pada tahun kelulusan pertama, semua santri MTs PB Balekambang lulus 100%. Jumlah keseluruhan santri MTs ini pada tahun 2010/2011 mencapai sekitar 430 orang.

MTs PB Balekambang

Program pembelajaran

Secara umum program pembelajaran yang ada di MTs PB tidak jauh berbeda dengan madrasah lain (menggunakan sistem pembelajaran dari Kementrian Agama), yang memberi nilai tambah adalah dengan adanya muatan lokal dari pondok pesantren (kajian kitab kuning) seperti kitab Nahwu, Shorof, Fiqih, dan Hadits. Jadi para santri mendapatkan ilmu pengetahuan duniawi dan ukhrowi. Ilmu tersebut nantinya dapat digunakan di lingkungan masyarakat luas. Selain itu, seluruh santri MTs PB diasramakan (mondok). Itulah yang membedakan MTs PB Balekambang dengan madrasah lainnya.

Prestasi

Beberapa prestasi yang pernah diraih antara lain:

  •  Juara I Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Jepara (2010)
  • Juara II tenis meja tingkat SLTP Porsema NU (2010)
  • Juara III pidato Bahasa Indonesia tingkat SLTP Porsema NU (2010)
  • Juara II Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Jepara (2009)
  • Juara I Tartil putra SMP/MTs MTQ pelajar XXIII Kabupaten Jepara

Selain itu pada tanggal 11 April 2010 MTs PB menerima kunjungan dari Madrasah Tsanawiyah Karesidenan Surakarta dan Pemalang. Pada tanggal 6 April 2010 sebelumnya, menerima kunjungan dari Madrasah Tsanawiyah se-Karesidenan Pati. Kunjungan tersebut selain untuk ta’aruf juga merupakan program Australian Indonesian Basic Education Program (AIBEP).

 

Update Terakhir (Ahad, 27 Mei 2012 02:09)

 

INFO TERBARU

BERITA POPULAR

GALERI BERITA

KEMERDEKAAN

KEMERDEKAAN

Penyerahan Sangsaka Merah Putih Dari Pengasuh...