Menyambut HSN 2019, Ponpes Balekambang Jepara Adakan Ro’an Akbar

Kegiatan Pondok

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019, Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Gemiring Lor Nalumsari Jepara menyelenggarakan Ro’an Akbar dengan tema Jaga Hati Jaga Bumi yang juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh pondok pesantren se Indonesia pada hari ini, 06 Oktober 2019

Kegiatan yg diikuti oleh seluruh ustadz/ustadzah dan santri baik dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi ini merupakan salah satu agenda Hari Santri Nasional. Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama RI nomor 39 Tahun 2019 tentang Ro’an Akbar, kegiatan Ro’an Akbar dapat berupa kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar, penanaman pohon di lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar.

Pengasuh Pondok Pesantren Balekambang Jepara M. Ali Syibromalisi, M.Pd. menyampaikan pentingnya akan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Karena dengan semacam itu bumi yang telah kita tempati ini akan memberikan timbal balik kepada kita semua sesuai dengan apa yang kita perbuat.

Gus Lis menambahkan, saat ini indonesia merupakan salah satu penghasil sampah plastik kategori tinggi di dunia. Sebanyak 87 persen dari 3,8 juta ton sampah plastik yang dibuang setiap tahun mengambang di laut. Keadaan menyedihkan tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sampah plastik terburuk di dunia.

“Saya berharap, dengan adanya deklarasi Ro’an ini, semoga hati kita terketuk untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, dan yang paling penting bisa istiqomah.” Harapnya.

Sebelum kegiatan ro’an dimulai, para santri dan juga seluruh ustadz/ustadzah berikrar yang isinya sebagai berikut;

Bismillahirrahmanirrahim
Kami Keluarga Besar Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang,
Kami Santri Nusantara,
Kami Santri Unggul, Intelek dan Berakhlaqul Karimah,

Dengan ini Kami berikrar akan menjalankan hidup bersih dimanapun kami berada, yakni :
1. Menjaga lingkungan Pondok Pesantren dengan membuang sampah pada tempatnya;
2. Menjaga dan merawat fasilitas umum di Pondok Pesantren;
3. Menjaga dan merawat fasilitas belajar di Pondok Pesantren.

Demi terciptanya lingkungan pondok yg bersih, sehat, indah, rapi dan tertib karena kebersihan merupakan sebagian dari iman,
Maka mulai hari ini kami akan melaksanakan apa yang kami ikrarkan.
La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim. (BBQ-25)

#ponpesbalekambang
#santrinusantara
#santrisantuy
#roanakbar2019
#harisantrinasional
#harisantri
#politeknikbalekambang
#santriinvestasinegeri
#nahkodamasadepan
@Ponpes Balekambang
@MI Balekambang
@MTs Balekambang
@MA Balekambang
@SMK Balekambang
@Ma’had Aly Balekambang
@Politeknik Balekambang