Prokes Ketat, PP Balekambang Jadi Duta Jogo Santri

Posted on
digital.jawapos.com – KADO manis didapatkan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara pada Hari Santri 2020. Salah satu pesantren tertua di Jepara itu menempati urutan kedua dari 15 pesantren di Jawa Tengah sebagai Duta Pondok Pesantren Jogo Santri Provinsi Jawa Tengah.
Prestasi itu diraih atas partisipasi pesantren yang menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Sejak Juli lalu, saat santri kembali dari rumah untuk memulai kegiatan belajar mengajar, ponpes menerapkan prosedur ketat. Proses serah terima santri baru, dilakukan dengan penerapan protokol covid secara ketat. Sejak di pintu utama pondok pesantren, para santri diperiksa ketat oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara. Selain harus membawa surat sehat, mereka juga harus melakukan rapid test untuk memastikan kondisi tubuhnya.
Sampai dengan saat ini, pesantren masih menerapkan prokes ketat. Setiap memasuki area pesantren, diperiksa suhu tubuhnya. Baik santri maupun para pengajar. Ada juga penyediaan berbagai fasilitas penunjang dalam penerapan protokol kesehatan.
Fasilitas cuci tangan juga tersedia di banyak sudut ponpes ini. “Tempat cuci tangan sudah kita sediakan di banyak sudut ponpes ini. Termasuk santri juga akan diberikan masker,” kata Ketua Gugus Covid Ponpes Balekambang Ustadz Nurdin Lubis.
Konsultasi dan pendampingan dari tenaga kesehatan juga dilakukan untuk memastikan langkah pesantren sudah tepat dalam mencegah Covid-19. Santri juga rutin senam setelah salat subuh. Hal itu untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran santri. Setelah itu santri diberi asupan vitamin.
“Bagian dari ikhtiar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. (war)