Santri Balekambang Juara Puisi Religi Porsema XI Jateng

Berita Pilihan

 TEMANGGUNG-Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif NU (Porsema) tingkat provinsi usai dihelat pada tanggal 24-27 Juni 2019 di Temanggung Jawa Tengah. Porsema XI ini dibuka di Alun-alun Temanggung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah KH. Taj Yasin Maimoen. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kontingen Kab./Kota se Jawa Tengah mulai dari Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dibawah naungan LP. Ma’arif NU.

Dalam ajang bergengsi bertaraf provinsi tersebut, empat santri Ponpes Balekambang ikut turut ambil bagian dan salah satunya mampu menorehkan tinta emas. Dia adalah Itsna Lailatal Qodariyah yang berlaga memperebutkan gelar juara di cabang lomba Baca Puisi Religi.

Sebelumnya putri pasangan dari Shaiful Amri Tanbih – Sofiyatun ini telah menorehkan prestasi yang cukup baik. Pada Porsema tingkat Kabupaten Jepara yang digelar pada April 2019, ia berhasil menyabet gelar juara satu. sehingga ia terpilih mewakili kabupaten Jepara di Porsema XI tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2019 di Temanggung.

Tampil di Porsema Jateng, putri kelahiran Jepara, 10 Desember 2001 ini membacakan puisi karya sendiri yang berjudul Menapaki Dekade Lalu. Puisi dengan tingkat kesulitan tinggi yang membutuhkan interpretasi mendalam tersebut berhasil Itsna LQ bacakan dengan apik di hadapan dewan juri. Itsna LQ pun berhasil menyabet gelar juara 1 pada cabang lomba baca puisi religi ini.

Hasil ini sangatlah berharga dan sebagai bukti kalau santri bukan hanya bisa mengaji saja, melainkan mampu menguasai berbagai bidang ilmu, salah satunya adalah seni. Ponpes Balekambang sendiri merupakan pesantren salafiyyah yg dalam kesehariannya mengkaji kitab kuning (kutub at-turats), selain itu pesantren yg berdiri tahun 1884 ini juga mengelola Pendidikan Madrasah Salafiyah, Tahfidz al-Qur’an,  MI, MTs, MA, SMK, Ma’had Aly (S1) dan Politeknik (D IV).  (BBQ)