UAMBN-BK USAI, LANJUT USBN-BK, UNBK DAN UJIAN BACA KITAB

Madrasah Aliyah

BALEKAMBANG –  Pagi tadi, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional – Berbasis Komputer (UAMBN-BK) telah selesai dilaksanakan di MA Balekambang. Ujian yang dilakukan menggunakan komputer ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai hari Rabu (13-03-2019) sampai Jum’at (15-05-2019). Tahun ini Ujian di MA Balekambang diikuti oleh 147 Santri, meliputi 59 santri Putra dan 98 santri Putri. Ini menjadi kepesertaan ujian terbanyak dari Madrasah ini sejak berdiri pada tahun 2010.

Ujian tahun ini juga berbeda dari tahun sebelumnya, yang biasanya peserta ujian putra dan putri dilakukan dalam satu laboratorium komputer, sekarang sudah dipisahkan antara putra dan putri di laboratoriumnya masing-masing. Setiap harinya dilaksanakan 3 sesi ujian dimulai jam 07:30 WIB dan selesai pada jam 15:30 WIB.

Ujian tahun ini di MA Balekambang juga bejalan dengan lancar meskipun di beberapa madrasah yang lain banyak yang mengalami mati lampu dan jaringan error. “Alhamdulillah pelaksanaan Ujian berjalan dengan lancar sampai hari ini, listrik mati dan jaringan error yang paling di wanti-wanti alhamdulillah juga tidak terjadi di sini, meskipun di beberapa Madrasah Kabupaten Jepara banyak mengalaminya karena memang sedang musim hujan.” Tutur Saifuddin selaku Anggota panitia Ujian MA Balekambang tahun 2019.

Secara terpisah, Titin, peserta Ujian tahun ini merasa lega dengan telah selesainya UAMBN-BK. “Alhamdulillah lega, akhirnya selesai, tinggal lanjut USBN, lalu UN dan terakhir Ujian Baca Kitab.”

Gadis asal Kalimantan ini menganggap Ujian menggunakan Komputer masih kurang maksimal, dari segi waktu pengerjaan dan persiapannya. “Kalo menggunakan komputer itu waktunya tidak bisa di tawar, padahal kadang ada yang kelupaan menjawab, kadang juga pas tinggal sedikit malah loading. Apalagi pas masa persiapan seperti simulasi, sering sekali error, jadi mood kadang berubah tidak semangat lagi untuk mengerjakan tes. Enaknya kalau komputer tinggal klik klik saja, tidak ribet seperti tes pakai lembar ujian.” tutur gadis bernama lengkap Titin Noor Inza.

Setelah ini, santri MA Balekambang sudah di nanti oleh USBN-BK sampai tanggal 27 Maret, lalu UNBK pada tanggal 1,2,4 dan 8 April, dan terakhir Ujian Baca Kitab pada tanggal 28 April dengan harus di dampingi oleh orang tuanya. Semoga para santri diberikan kesehatan dan kelancaran selama pelaksanaan Ujian, dan bisa menjadi mutakhorrijin mutakhorrijat yang bermanfaat ilmunya dunia dan akhirat. amin. (KD/17)