3 Santri Balekambang, Terbitkan Buku ber-ISBN

Posted on

Patut disyukuri dan mendapatkan sebuah apresiasi. Tiga Santri Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Jawa Tengah berhasil menerbitkan buku panduan praktik yang sudah berlisensi ISBN (Internasional Standar Book Number), sehingga buku tersebut siap dicetak dan diedarkan oleh penerbit.

Ketiga santri tersebut antara lain Muhammad Ulil Albab, Salman Alfarisi dan Raul Pratama. Mereka merupakan santri kelas XI SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Melalui pembinaan Mitra Dunia Industri di XP Solution Surabaya selama 6 bulan dan dibimbing langsung oleh salah satu pakar IT Nasional bapak Nathan Gusti Ryan, dari berbagai pengalaman yang didapatkan selama melaksanakan praktik lapangan, masing-masing dari mereka akhirnya berhasil menuangkannya dalam sebuah buku.

Adapun ketiga buku tersebut adalah, pertama, Windows Server 2019 (Best Practice – Installation & Configuration Active Directory, File Server, Remote Desktop Service & Storage Server) karya Salman Alfarisi, yang merupakan anak ketiga pasangan dari bapak Zainal Abidin dan Ibu Khotiniyah.

Buku tersebut membahas tentang fitur-fitur yang ada pada windows server 2019 yang dapat digunakan sebagai panduan untuk implementasi windows server 2019 di perusahaan atau institusi. Selain itu juga bisa digunakan untuk pembelajaran dalam praktik bagi pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, santri kelahiran Batang, 09 September 2003 ini menyampaikan bahwa, buku ini juga dilengkapi konsep, penjelasan, dan langkah demi langkah dalam mengimplementasikan windows server 2019 dan penulis sudah melakukannya sendiri dengan bimbingan dari XP Solution Surabaya.

Selanjutnya buku yang kedua adalah Server Administrator, karya Muhammad Ulil Albab, anak pertama pasangan bapak Samadi dan ibu Minsyarofah. Buku yang bertajuk Best Practice Linux Instalasi dan Konfigurasi dengan Konsep Visualisasi ini memuat tentang materi Linux Server Administrator yang membahas tentang cara instalasi Operating System Linux Server.

“Konten materi yang saya bahas dalam buku ini antara lain mengenai Konfigurasi Web Server, Database Server, Remote Desktop Server dan Konfigurasi-konfigurasi linux Server lainnya.” Ujar santri yang berasal dari desa Ternadi Dawe Kudus ini.

Buku ketiga adalah Instalisasai dan Konfigurasi Oracle Database Server 12c karya Muhammad Raul Pratama, santri yang berasal dari Kedungsarimulyo Welahan Jepara. Buku ini sangat membantu dan memudahkan dalam belajar maupun langsung mengimplementasikan. Karena pembahasan dalam buku ini beraifat step by step dan real implementasi penulis.

Anak pertama, pasangan bapak Muhtadi Waluyo dan ibu Khomsatun ini menyampaikan bahwa materi yang dibahas dalam buku ini mencakup trend perkembangan Oracle Database. Oracle merupakan Database Server No.1 di dunia namun tidak banyak digunakan karena SDM dari Oracle DBA sangat minim. Hal ini merupakan salah satu alasan penulis dalam membuat buku ini

Kepala SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Arif Munzaki, M.Pd. berharap semoga buku ini mampu bermanfaat bagi penulis dan masyarakat umum, khususnya dalam pembelajaran di SMK Balekambang sendiri, serta mampu memotivasi yang lain untuk terus berkarya dan berprestasi. (BBQ-25)

Posted in SMK