Adakan Haflah Akhirussanah tanpa Walisantri

Posted on

BALEKAMBANG – Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara selenggarakan Haflah Akhirussanah. Tahun ini haflah dilaksanakan secara internal dan dibagi menjadi dua gelombang. Pada gelombang pertama untuk lulusan santri putra yang diadakan di Masjid Kampus 1, sedangkan pada gelombang kedua dilaksankan di Masjid Kampus 2 yaitu untuk prosesi haflah santri putri dan dilaksanakan secara berurutan mulai Senin, 26 April sampai dengan Selasa 27 April 2021.

Acara yang diselenggarakan pertama kalinya tanpa menghadirkan walisantri ini dihadiri oleh seluruh asatidz dan ustadzah Ponpes Balekambang. Meskipun dilaksanakan secara internal wali santri tetap dapat menyaksikan kebahagiaan putra-putrinya yang diwisuda melalui live streaming pada kanal youtube Ponpes Balekambang.

Dalam sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang KH. M. Ali Syibromalisi, M.Pd, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh santri yang sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang masing-masing, mulai dari Madrasah Salafiyyah, Tahfidzul Qur’an, MI, MTs, MA dan SMK.

“Jangan sampai setelah diwisuda kalian sebagai santri Ponpes Balekambang melupakan pondok. Saya harap setelah lulusnya kalian semua dari sini, kalian mendapatkan ilmu yang manfaat dan barokah serta dapat menjujung tinggi almamater Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang.” Harapnya.

Pengasuh Ponpes Balekambang KH. M. Ma’mun Abdullah Hadziq dalam mauidlohnya menyampaikan akan pentingnya menuntut ilmu. Beliau juga menyampaikan bahwa ketika mondok di Balekambang itu “beli satu dapat dua”. Hal ini dikarenakan para santri selain diajarkan tentang agama dan kitab kuning mereka juga akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan umum dan teknologi, bahkan lebih.

“Kalian harus menuntut ilmu ke jenjang selanjutnya, yaitu jenjang yang lebih tinggi dan luas untuk pengetahuan dan agama kalian. Agar mencapai hidup yang bahagia baik di dunia dan di akhirat nanti. Saya doakan semoga kalian semua menjadi santri yang soleh dan solehah serta dapat mengamalkan ilmu yang kalian dapatkan selama mondok disini kepada masyarakat luar.” Pungkasnya.

Sebelum prosesi wisuda dimulai, dibacakan terlebih dahulu Mutakhorrijin dan Mutakhorrijat terbaik dari masing-masing instansi. (EDR/BBQ-25)