Polibang Jepara Berbagi

Posted on

www.polibang.ac.id – Bulan Ramadhan adalah bulan kebahagiaan bagi semua umat muslim di dunia. Karena Allah SWT memberikan berbagai limpahan kebaikan dan keutamaan di bulan suci tersebut. Diantaranya terijabahnya doa, berlipat gandanya pahala, hingga hadirnya ibadah yang paling utama dan istimewa, yakni ibadah puasa.

Sebagai umat Islam harus membiasakan diri menempatkan tangan di atas untuk memberi kepada orang lain yang pantas menerimanya, seperti memberi sedekah dan memberi makan orang yang berpuasa.

Sikap saling berbagi di bulan Ramadhan bahkan telah menjadi kebiasaan bagi mayoritas umat muslim. Dengan berbagi, maka setiap orang bisa meningkatkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap keadaan orang-orang disekitarnya, dan itu lebih terasa pada saat bulan Ramadhan.

Mahasiswa Politeknik Balekambang (Polibang) Jepara sebagai kaum akademisi yang memiliki ciri khas santri, tentu saja harus memiliki rasa empati tersebut. Maka pada hari ini (22/4), para mahasiswa melaksanakan kegiatan berbagi takjil kepada para pengguna jalan yang ada di depan kampus Polibang Jepara.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Usth. Nur Hikmah, M.E. mengatakan bahwa kegiatan yang dinisiasi Kementerian Agama BEM Polibang Jepara ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap suka bersedekah dan senang berbagi dengan orang lain.

Melalui pesan whatsapp Direktur Politeknik Balekambang Jepara Ust. Miftahudin, S.Ag., M.M. menyampaikan tentang keutamaan memberi makan kepada orang yang sedang berpuasa. Beliau mengutip sebuah sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” jelasnya.

Beliau percaya bahwa dengan membiasakan diri untuk bersedekah atau berbagi kepada orang lain pada bulan Ramadhan, maka insya Allah hal itu akan terus dilakukan secara kontinu walaupun bulan Ramadhan telah berakhir. (eNHa/BBQ-25)