BSM 04 Boyong 39 Thropy dan Rebut Juara Umum PPDA VI 2020

Posted on

BALEKAMBANG – Perhelatan Perkemahan Pramuka Penggalang dan Penegak Dzikro Ambalan Al Chasbu – As Su’adah (PPDA) Pondok Pesantren Balekambang yang dilaksanakan ke enam kalinya kini telah resmi berakhir. Ramainya suara sorakan yel-yel yang nyanyikan oleh tiap masing-masing BSM yang saling bersahutan menjadikan acara penutupan ini semakin meriah.

Perhelatan kepramukaan yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2020 itu berakhir pada tanggal 26 Desember 2020 yang bertempat di Lapangan Kampus 2 Pondok Pesantren Balekambang (Pondok Putri). Sebuah acara yang sebelumnya dikhawatirkan oleh panitia kini telah berjalan dengan sukses dan menggembirakan. Bahkan mampu menjadikan seluruh peserta melepas acara tahunan ini dengan rasa bangga.

Upacara penutupan dimulai ketika para peserta memasuki lapangan, berbaris rapi dan langsung dilanjut menyanyikan lagu hymne pramuka dan syukur secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ka. Mabigus Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Miftahudin, S.Ag., M.M.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwasanya acara ini memang penting untuk terus diadakan setiap tahunnya, karena mempunyai banyak manfaat yang salah satunya untuk pembinaan diri secara maksimal bagi santri-santri Pondok Balekambang terutama santri baru.

Seusai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan dan pembagian thropy sejumlah 330 yang diselingi suara sorakan yel-yel yang saling bersahutan antara BSM putra dan putri. Berbagai macam lagu mereka jadikan bahan untuk parade yel-yel guna memeriahkan akhir acara tersebut.

Setelah seluruh thropy tersebut habis dibagikan kepada seluruh peserta yang berprestasi, barulah dilanjutkan pengumaman juara Ambalan Al Chasbu, Ambalan As Su’adah serta Trophy Juara Umum yang paling didambakan para peserta untuk merebutnya.

Hasil akhir mengumumkan, Thropy Ambalan Al Chasbu diraih BSM 07 Penegak dengan perolehan medali 8 emas, 8 perak dan 2 perunggu. Kemudian Thropy Ambalan As Su’adah diraih oleh BSM 04 Penegak dengan perolehan medali 11 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Sedangkan Thropy Juara Umum atau Thropy Al Chasbu – As Su’adah, pada tahun ini kembali dipertahankan oleh BSM Putri, yang sebelumnya diraih oleh BSM 12 sekarang diboyong oleh BSM 04 dengan perolehan medali 18 emas, 11 perak dan 6 perunggu. Jumlah medali tersebut merupakan akumulasi perolehan medali antara Penggalang dan Penegak. Selain itu BSM 04 juga menjadi peserta terbaik penggalang dan Bindamping terbaik penegak.

“Saya merasa sangat bangga memilih untuk mondok disini karena tidak saya sangka disini memiliki sebuah agenda tahunan yang sangat menakjubkan. Saya yang awalnya tidak tahu tentang pramuka pun langsung jatuh cinta lewat acara PPDA ini. Sangat bermanfaat dan dapat menjadikan saya serta santri-santri baru lainnya disini menjadi betah”. Ujar salah satu peserta PPDA. (EDR-25)