Polibang Jepara terapkan Metode Blanded Learning

Posted on

Sekarang ini kita telah memasuki masa yag disebut sebagai abad pengetahuan ( knowledge age). Dimana pada abad ini karakteristiknya landasan utamanya adalah menggunakan teknologi.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadikan sistem pendidikan di Indonesia lebih baik dan lebih maju serta mampu mengikuti negara lain. Sistem pendidikan yang ada, terus mengalami perkembangan dari konvensional beralih ke sistem yang serba digital.

Pada awalnya proses belajar mengajar hanya terjadi di ruang kelas, namun sekarang proses belajar mengajar tak terikat oleh ruang dan waktu. Sistem pendidikan sekarang yang serba digital menghasilkan suatu metode belajar yaitu Blended Learning dan E-Learning.

Metode E-Learning dan Blended Learning telah populer di kalangan pembelajar Indonesia. Dengan adanya Blended Learning pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan jaringan internet. Mahasiswa dapat mengakses materi secara leluasa dan dituntut dapat belajar secara mandiri karena bahan ajar tersimpan secara online.

Antara pengajar dan yang diajar dapat memberikan feedback baik berupa pertanyaan dan saran secara realtime. Sehingga diskusi serta tanya jawab antara dosen dan mahasiswa tidak hanya berlangsung di bangku perkuliahan, melainkan dapat berlangsung di luar jam perkuliahan.

Dosen juga dapat mengontrol materi mahasiswa, begitu juga sebaliknya. Mahasiswa juga dapat menggali materi yang akan disampaikan. Selain itu, pemberiaan tugas pendukung dapat diinformasikan dengan lebih mudah. Tentunya proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan lebih efektif karena komunikasi dan interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat terus terjadi bukan hanya saat jam perkuliahan saja.

#blendedlearning
#polibang #politeknikbalekambang
#ponpesbalekambang #jepara #vokasi