Pelantikan Dewan Penggalang dan Dewan Ambalan As-Su’adah

Posted on

BALEKAMBANG- Upacara Pelantikan Dewan Penggalang dan Dewan Amabalan As-Su’adah masa bhakti 2021-2022 gugus depan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara sukses dilaksanakan pada kemarin, Jumat 12 Maret 2021 di halaman utama Kampus 2 Pondok Putri. Melalui upacara pelantikan tersebut diharapkan calon dewan penggalang dan dewan ambalan yang akan dilantik dapat lebih percaya diri dan bertanggung jawab serta amanah terhadap tugas baru yang telah diembannya.

Upacara pelantikan diikuti oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka Ponpes Balekambang pada tingkat Penggalang dan Penegak. Hadir pula perwakilan anggota Racana Ponpes Balekambang yang ikut menyaksikan prosesi pelantikan yang dilaksanakan sesuai dengan adat Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sako Ma’arif NU), yaitu mulai dari pembacaan sari tilawah, sholawat nabi, pensucian diri yang disimboliskan dengan pembacaan dua kalimat syahadat serta meminum air kelapa muda.

Ka. Mabigus Ponpes Balekambang Kak Miftahuddin, S.Ag., M.M. yang diwakili oleh Kak Agus Ma’mun, M.Pd.I. menuturkan diadakannya kembali acara ini guna mendorong santri untuk meningkatkan kecintaan mereka terhadap sebuah organisasi yang bernama pramuka.

Beliau menegaskan, meskipun banyak sekali celotehan orang di luar sana tentang pramuka itu bukan organisasi penting yang harus diadakan terutama di lingkungan pondok pesantren, untuk itu beliau memngingatkan bahwa perlu adanya sebuah organisasi pramuka karena banyak sekali manfaat yang akan diperolehnya.

“Pramuka itu adalah sebuah organisasi pendidikan yang penting, oleh karenanya harus kita jalankan. Karena melalui organisasi inilah kita dilatih menjadi pribadi yang lebih mandiri serta memiliki banyak pengaalaman.” Pungkasnya dengan tegas. (DIANA/BBQ-25)