Pelantikan Sako Ma’arif NU Jepara Berjalan Khidmat

Posted on

BALEKAMBANG JEPARA- Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sako Ma’arif NU) Kabupaten Jepara masa bhakti 2020-2025 resmi dilantik pada Ahad (21/3/21) di Gedung Serba Guna Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara berjalan khidmat dan meriah. Majelis Pembimbing dan Penggurus Sako Ma’arif NU Jepara dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Kwarcab Jepara yang diwakili oleh Waka Bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Jepara Drs. Mas’ud, M.M.

Hadir dalam acara tersebut Pinsako Ma’arif NU Jawa Tengah H. Shobirin, M.Pd.I., Pengurus Kamabicab dan Kwarcab Jepara, Perwakilan Kemenag Kab. Jepara, Ketua Disdikpora Kab. Jepara, Perwakilan Polres Jepara dan Kodimm 0719/Jepara. Selain itu turut ambil bagian dalam mensukseskan acara anggota Pramuka Santri Balekambang mulai dari Siaga sampai Pandega yang menampilkan beberapa suguhan pertunjukan berupa Marching Band, LBB variasi tongkat, semaphore dance dan drama kolosal.

Ketua Majelis Pembimbing Sako Ma’arif NU Jepara Drs. H. Fathul Huda, M.M. dalam sambutannya menyampaikan, sebagaimana induk dari PBNU Pusat, Sako Ma’arif NU bertekad menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 serta berpegang teguh bahwa NKRI harga mati.

“Saat ini anggota Sako Ma’arif NU Jepara tercatat sebanyak 282 gugus depan dan Sako Ma’arif NU tidak mentolelir sama sekali faham ekstrimisme, radikalisme dan faham-faham yang menentang kepada keberadaan NKRI.” tegas beliau.

Fathul Huda berharap, setelah pelatikan dan pandemi covid-19 usai, pengurus Sako Ma’arif NU Jepara diharapkan mampu memajukan pramuka Jepara serta bergerak untuk mewarnai Jepara. Sehingga kabupaten Jepara benar-benar menjadi kabupaten pramuka.

Ketua Pengurus Sako Ma’arif NU Jawa Tengah H. Shobirin, M.Pd.I. mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Mabi dan Pengurus yang telah dilantik. Beliau mendoakan semoga dengan penuh keikhlasan dan keridhoan para mabi dan pengurus untuk berbaiat diri mendapatkan ridho dari Allah SWT, sehingga berkah bagi diri sendiri, keluarga, pramuka khususnya Jepara.

Beliau juga menyampaikan tujuan adanya Sako Ma’arif NU, yaitu menjadikan muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, mempunyai ketrampilan dan kecerdasan, namun tetap melaksanakan ajaran islam ahlusunnah wal jamaah sekaligus sebagai kader pembangunan bangsa ini, hal ini sudah sesuai dengan undang-undang gerakan pramuka nomor 12 tahun 2010.

Sako Ma’arif NU Jawa Tengah merupakan anggota sakoma terbesar kedua setelah Jawa Timur. Pengurus Sako Ma’arif Jawa tengah periode 2018-2023 memiliki visi dan misi, dimana salah satu misinya adalah memperkuat manajemen organisasi. Hal ini merupakan bagian dari perwujudan misi Sako Ma’arif NU Jateng, yaitu melantik dan mengukuhkan penguru Sako di kabupaten/kota.

“Kepada kakak-kakak Mabicab Jepara, saya berharap turut serta membantu dan membimbing Sako Ma’arif NU Jepara, baik moral maupun materi.” Ujar beliau dengan penuh harap.

Ka. Mabicab Jepara Dian Kristiandi, S.Sos. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Disdikpora Jepara Agus Tri Harjono, S.H., M.M. menyampaikan bahwa kehadiran Sako Ma’arif NU Jepara tidaklah hanya bernilai strategis, melainkan juga bernilai lebih.

Hal ini dikarenakan Sako Ma’arif NU tidak sekedar meningkatkan semangat membangun bangsa dan negara, melainkan penanaman nilai-nilai islam, terutama dalam menumbuhkan dan menggembleng kader-kader NU yang memiliki wawasan luas serta berkarakter ahlussunah wal jama’ah an nahdliyah, yang moderat dan rahmatan lil alamin, yaitu menjadi kader-kader militan yang siap membentengi akidah serta mensyiarkannya.

“Sako Ma’arif NU menjadi wadah bagi generasi penerus dalam membentuk sifat kedisiplinan, menumbuhkan rasa kebersamaan, mengembangkan mental, moral, spiritual, intelektual, serta berakhlakul karimah, mencetak generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing, serta memiliki peran aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan.” Ujar beliau mengakhiri sambutan.

Sebelum memimpin doa, Ka. Mabigus Pondok Pesantren Balekambang H. Miftahudin, S.Ag., M.M. selaku tuan rumah acara pelantikan, memohon maaf atas segala kekurangan dalam kegiatan pelantikan Majelis Pembimbing dan Pengurus Sako Ma’arif NU Jepara. Kegiatan diakhiri dengan penampilan drama kolosal tentang resolusi jihad. (bbq-25/EDR)

Live Streaming Pelantikan