Peringatan Hari Kartini, Inspirasi dan Apresiasi Santri

Berita Pilihan Gallery Kegiatan Pondok

BALEKAMBANG-Sebuah kebanggaan tersendiri sebagai warga Indonesia khususnya kaum wanita, atas lahirnya pejuang dan pelopor kemajuan wanita Indonesia yakni R.A Kartini. Oleh karena itu, untuk mengapresiasi bakat dan kreasi remaja Indonesia, Pondok pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang selenggarakan acara peringatan hari lahir R.A Kartini dengan tema Menginspirasi Insan Berbudi Pekerti, Sabtu (21/04/18).

Pembina acara Ust. Kamil Majid menjelaskan bahwa selain menginspirasi santri, acara ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan nasionalisme santri.

“Tujuan dari acara ini bisa diambil dari tema yang sudah ditentukan panitia. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan sesama santri baik di pondok maupun di sekolah, serta sebagai media untuk menanamkan rasa nasionalisme santri atas semangat juang para pahlawan, khususnya RA. Kartini, ” Jelasnya.
Sekretaris acara Dina Nala Shofa menjelaskan, acara ini diadakan atas hasil rapat pimpinan komisariat IPNU dan IPPNU Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang dengan Dewan Pembina.

“Ini merupakan kegiatan bersama yang diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Balekambang,” Ujar santri kelahiran Demak yang juga menjabat sebagai sekretaris IPPNU MA Balekambang.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa dalam acara peringatan hari Kartini tahun ini, panitia telah menyiapkan berbagai bentuk hadiah bagi para pemenang lomba yang diadakan.

“Peringatan hari Kartini tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini jenis lomba yang diadakan lebih banyak kearah pengembangan bakat para santri, ” pungkasnya.

Salah satu peserta lomba Miss Kalita (Kartini Muslimah Pintar) Alfina Damayanti berpendapat bahwa peringatan ini mengajarkan santri untuk tampil percaya diri

“Menuntut saya acara peringatan hari Kartini ini berguna untuk menguji sejauh mana pengetahuan yang kita tahu tentang R.A Kartini. Selain itu, acara ini mengajarkan kita untuk melatih mental berbicara di depan orang banyak,” Katanya.

Ia juga berharap supaya generasi penerus bangsa tidak hanya ikut memperingati saja. Namun, juga tau makna peringatan hari lahir R.A Kartini.

” Saya berharap, generasi muda bangsa tidak hanya ikut memperingati dan memerintahkan hari Kartini. Namun, mereka juga paham dan tau sejarah dan makna dari peringatan itu sendiri, “. Tambahnya.

(Dina N.S/BBQ25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *