Polibang Jepara Jadi Tempat Uji Kompetensi

Posted on

www.polibang.ac.id – Tantangan Perguruan Tinggi dalam mencetak lulusan yang memiliki kemampuan handal, baik secara akademik maupun praktek (skill) sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Banyaknya lulusan dari berbagai perguruan tinggi mensyaratkan mereka untuk siap menjawab setiap tantangan dalam pergulatan hidup setelah mereka lulus dari bangku perkuliahan. Tidak sedikit dari mereka yang baru lulus mengalami kesulitan dalam memperoleh pekerjaan, bahkan ketika ingin mengambil studi lanjut.

Tugas berat khususnya bagi perguruan tinggi seperti halnya politeknik. Politeknik sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi harus mampu melihat kebutuhan di dunia kerja sesuai dengan kompetensi yg dibutuhkan. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengamatan secara mendalam yang bersifat visioner untuk mempersiapkan lulusan yg benar-benar mempunyai standar kompetensi dan mampu dibuktikan dengan skill yang teruji.

Politeknik Balekambang Jepara (Polibang), yang merupakan satu-satunya politeknik di Jepara telah mempersiapkan langkah tersebut dengan menjalin Kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknologi Digital untuk menguji kompetensi para mahasiswa sebelum mereka lulus. Melalui perjanjian kerjasama tersebut Polibang Jepara dapat menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri. Pegujian ini tentu berdasarkan bidang kompetensi masing-masing.

Direktur Politeknik Balekambang Jepara Bapak Miftahudin, S.Ag., M.M. menyampaikan, dengan adanya TUK mandiri di Polibang ini, mahasiswa dapat mengikuti pengujian bidang kompetensi di banyak bidang sesuai bakat, kemampuan dan keterampilan yang mereka inginkan, sehingga bisa mengukur sejauh mana kemampuan yang telah dimiliki. Selain itu, jika mereka lulus uji tersebut secara sah akan mendapatkan sertifikat berstandar nasional oleh BNSP.

“TUK Polibang ini bukan hanya diperuntukkan internal kampus melainkan juga untuk umum, mulai dari siswa, guru, mahasiswa, dosen dan juga industri” tambahnya.

Wakil Direktur IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama bapak Ahmad Mubais, M.Pd. menambahkan, selain kerjasama dengan LSP Teknologi Digital, Politeknik Balekambang juga melakukan kerjasama dengan BLC Telkom Klaten dalam rangka memberikan Pelatihan kompetensi sebelum melakukan uji kompetensi. Ini adalah sebuah keunggulan tersendiri dan kesempatan yang baik bagi para calon mahasiswa yg akan melanjutkan studi di Politeknik Balekambang untuk mendapatkan sertifikasi sehingga ketrampilan mereka benar-benar teruji untuk siap dalam bekerja dan dibutuhkan dalam dunia kerja yang professional.

Lebih lanjut, selain melakukan kerjasama dengan dua instansi diatas, polibang juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan keterampilan dan mutu pendidikan, beberapa diantaranya Kadin Jepara, PT. Juara Jati, CV. Fastacenter Yogyakarta, KPP Pratama Jepara dan CV. Umbrella Corporation.

Saat ini Polibang Jepara memilih tiga program studi, yaitu D4-Rekayasa Perangkat Lunak, D4-Administrasi Bisnis Internasional, dan D4-Akuntansi Keuangan Publik. Keseluruhannya merupakan sarjana terapan. Adapun pendaftaran mahasiswa baru dibuka mulai tanggal 20 Januari sampai dengan 15 Agustus 2021. (Humas Polibang)