Politeknik Balekambang Jepara Menuju Smart Campus

Posted on

(BLC Telkom Klaten Jadikan Mitra)
www.polibang.ac.id – Ketergantungan akan teknologi merupakan sesuatu yang sangat sulit dihindari dan dipisahkan pada era serba digital seperti saat ini. Hal ini berdampak pada sistem pendidikan, terutama pendidikan tinggi di Indonesia. Sehingga pada akhirnya perguruan tinggi di Indonesia mulai mererapkan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam lingkungan kampus.

Saat ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi tak terkecuali Politeknik Balekambang Jepara (POLIBANG) berlomba-lomba menjadikan kampusnya berbasis teknologi. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan perguruan tinggi menjadi “world class university”. Tentu butuh upaya keras dalam mewujudkannya, berbagai upaya dilakukan oleh pihak institusi.

Diantaranya dengan menciptakan suasana lingkungan kampus yang mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam segala hal, mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, sarana parsarana, dan juga termasuk situs kampus. Sehingga mahasiswa dapat mengkases informasi secara mudah dan cepat. Mulai KRS, KHS, bahkan e-learning dan materi-materi pembelajaran bisa dengan mudah diakses.

Mou dengan BLC Telkom Klaten
Sebagai upaya dalam rangka mewujudkan kampus berbasis teknologi, Politeknik Balekambang Jepara telah menggandeng BLC Telkom Klaten. Penandatanganan MoU dilakasanakan pada awal desember, tepatnya pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 di Kantor BLC Telkom Klaten. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Politeknik Balekambang Jepara Bapak Miftahudin, S.Ag., M.M. dan Koordinator BLC Telkom Klaten Bapak Suwandono yang lebih dikenal dengan nama “Mbah Suro Dhemit”.

Sebagai follow up dari MoU tersebut, disepakati beberapa hal diantaranya adalah pertama, pendampingan BLC Telkom Klaten dalam rangka menjadikan Polibang Jepara menuju Smart Campus; kedua, Polibang Jepara menjadi pusat data (data center) berbasis pesantren; dan yang ketiga adalah pendiran BLC Telkom Polibang.

Disampaikan koordinator BLC Telkom Klaten Mbah Suro Dhemit bahwa salah satu alasan didirikannya BLC di Balekambang adalah sebagaimana diketahui bahwa Polibang Jepara adalah satu-satunya politeknik berbasis pesantren yang ada dibawah naungan yayasan pesantren. Sehingga pesantren Balekambang nantinya tidak hanya mampu menguasai pendidikan agama melainkan juga bisa kompteen di bidang IT. Inilah yang menjadi tujuan dan sumbangsih mbah suro dalam memberi semangat kepada para pengelola pesantren untuk membawa perubahan di Balekambang pada umumnya dengan melalui institusi politeknik. (eNHa/BBQ-25)