SMK Balekambang Juara 2 Cipta Menu B2SA

Berita Pilihan SMK

Jurusan Tata Boga SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang, menjadi juara 2 cipta menu makanan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman). Mereka menjadi yang terbaik kedua dari kategori profesional.

“Lomba Cipta Menu B2SA tahun ini diikuti 32 peserta. Terbagi dalam kategori kelompok PKK dan gabungan organisasi wanita (GOW), serta kategori profesional,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Jepara, Adhi Nugroho. KKP Jepara menyelenggarakan lomba tersebut Selasa (14/11) di peringgitan pendapa Kabupaten Jepara.

Menurut Adhi, lomba ini diselenggarakan karena Jepara memiliki beragam sumber daya pangan lokal nonberas dan nonterigu yang bisa diberdayakan untuk mencukupi kebutuhan gizi.

SMK Balekambang mengirimkan dua santri terbaiknya yaitu Alvionita Sholichah dan Nurul Hidayatun Nasihah. Mereka menampilkan menu “Sego Jowo” yang memanfaatkan bahan dari ubi jalar dan dipadukan dengan ubi ungu sebagai pengganti beras. Selain itu mereka juga membuat kudapan “Mendem Pelem” yang terbuat dari jagung yang dipadukan dengan buah mangga.

“Semua bahan yang kami sajikan ini, mudah didapat dan ada di sekitar kita,” ujar Alvionita salah satu peserta dari SMK Balekambang.

Pemenang kelompok PKK dan DWP piala dari Ketua TP PKK, sementara profesional mendapatkan piala Bupati Jepara. Di samping itu juga mendapatkan hadiah uang yang sama di tiap kategori. Juara satu sebesar Rp. 2 juta, lalu masing-masing selisih Rp. 250 untuk pemenang berikutnya hinggga juara harapan tiga.

Kepala SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Miftahudin mengapresiasi atas hasil yang telah diraih. Miftah juga menjelaskan bahwa Tata Boga itu merupakan salah satu dari enam Jurusan yang ada di SMK Balekambang. Jurusan tersebut diantaranya; (1) Teknik Audio Video; (2) Busana Butik; (3) Teknik Kendaraan Ringan; (4) Teknik Komputer dan Jaringan; (5) Jasa Boga dan (6) Animasi.

“Selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga dengan adanya prestasi ini mampu memotivasi dari santri jurusan yang lainnya,” Pungkasnya.